CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN

 



MODUL AJAR

 

 

 

 

 

Sekolah

:

SMP Negeri 35 Makassar

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas/Semester

:

IX/Ganjil

Penyusun

:

Anwar, S. Ag., M. Pd. I.

 

 

 

KOMUNITAS MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SEKOLAH PENGGERAK

SMP KOTA MAKASSAR

JULI 2023

 

 

 

 

MODUL AJAR

( MATERI-ALQUR’AN )

 

Sekolah

:

SMP Negeri 35 Makassar

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas/Semester

:

IX/Ganjil

Domain

:

Meraih Kesuksesan dengan Semangat Mencari Ilmu

Alokasi Waktu

:

5 Kali Pertemuan (200 Menit)

 

 

 

A. 

Kompetensi Awal

 

Melalui observasi awal peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dalam:

Membaca, menulis, mengartikan dan memahami kandungan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 dengan benar.

B. 

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi PPP

Aplikasi

Imtakh

Berdoa dan baca dalil

Mandiri

Penugasan

Kritis

Pemecahan masalah

Gotong royong

Diskusi kelas

 

 

C. 

Sarana dan Prasarana

 

1.      Sarana

a.       Presentasi Power Point

b.      Video pembelajaran tentang Al Qur’an dan hadis

c.       Laptop/Komputer

d.      LCD Projector

e.       Handphone

f.       Kamera

2.      Prasarana

a.       Pensil/Spidol

b.      Kertas

c.       Karton

d.      Bahan-bahan lainnya

 

 

 

 

D

Target Peserta Didik

 

Peserta didik reguler: 20 siswa (64%)

Peserta didik dengan kesulitan belajar: 6 siswa (18%)

Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 6 siswa (18%)

 

 

E

Model Pembelajaran

 

PJJ Daring

PJJ Luring

Blended learning

PTM

 

 

F

Tujuan  Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

Melalui metode tutor sebaya dan Tanya jawab, peserta didik dapat;

1.       Membaca Q.S. Al Mujadilah:11 sesuai kaidah tajwid khususnya hukum bacaan waqf dengan benar.

2.       Membaca Q.S. Az Zumar: 9 sesuai kaidah tajwid khususnya hukum bacaan waqf dengan benar.

3.       Membaca hadis tentang keutamaan mencari ilmu dengan makhraj yang benar.

4.       Terbiasa membaca Al Quran dan hadis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

Pertemuan Kedua

Melalui metode pair chek, peserta didik dapat;

1.       Mengartikan Q.S. Al Mujadilah:11 dengan benar.

2.       Mengartikan Q.S. Az Zumar: 9 dengan benar.

3.       Mengartikan hadis tentang keutamaan mencari ilmu dengan benar.

4.       Terbiasa mengartikan Al Quran dan hadis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

Pertemuan Ketiga

Melalui metode dril dan parade hafalan Qur’an, peserta didik dapat;

1.      Menulis dan mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al Mujadilah:11 dengan benar.

2.      Menulis dan mendemonstrasikan hafalan Q.S. Az Zumar: 9 dengan benar.

3.      Menulis dan mendemonstrasikan hafalan hadis tentang keutamaan mencari ilmu dengan benar.

4.      Terbiasa menghafal Al Quran dan hadis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

Pertemuan Keempat

Melalui metode group investigation dan reflektif thinking, peserta didik dapat;

1.      Menjelaskan kandungan Q.S. Al Mujadilah:11 dengan benar.

2.      Menjelaskan kandungan Q.S. Az Zumar: 9 dengan benar.

3.      Menjelaskan kandungan hadis tentang keutamaan mencari ilmu dengan benar.

4.      Terbiasa berperilaku semangat dalam mencari ilmu

 

Pertemuan Kelima

Melalui model pembelajaran berbasis produk, peserta didik dapat;

1.      Membuat paparan tentang biografi singkat salah seorang cendekiawan/ilmuwan yang berjasa.

2.      Meneladani dan menerapkannya dalam kehidupan saat ini.

 

 

G

Pemahaman Bermakna

 

Peserta didik dapat menghubungkan materi Al-Qur’an dan hadis sebagai pegangan hidup umat Islam dengan ketaatan pada agama dan pemerintah serta semangat mendalami al Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari sebagi implementasi pengamalan dari Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9.

 

 

H

Pertanyaan Pemantik

 

1.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati infografis bab 1.

2.      Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk membaca pantun islami dan mengerjakan ativitas 1.

3.      Guru mengajak peserta didik untuk membaca rubric tafakkur dan mengerjakan aktivitas 2

4.      Setelah itu guru memeberikan kata kunci topic yang akan dibahas terdapat pada rubrik titik fokus.

 

 

I

Persiapan  Pembelajaran

 

Guru dan peserta didik sudah melakukan kesepakatan awal pada pertemuan sebelumnya tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Misalnya; tes diagnostik, sarana dan prasarana, pengaturan kelompok, dan yang lainnya.

 

 

J

Kegiatan  Pembelajaran

 

 

 

Pertemuan Ke-1

 

Kegiatan  Pembelajaran

Nilai-Nilai PPP

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.      Guru mempersiapkan media/alat peraga/bahan berupa LCD projector, speaker aktif, note book, CD pembelajaran interaktif, kertas karton, spidol atau media lain.

2.      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, pembacaan Al Qur’an surah/ayat pilihan, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.

3.      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian.

4.      Mengondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.

 

Imtakh dan Kemandirian

15 menit

Kegiatan Inti

1.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati infografis.

2.      Guru memberikan penjelasan tambahan apabila peserta didik belum memahami infografis.

3.      Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk membaca pantun pemantik.

4.      Setelah membaca pantun pemantik peserta didik diminta menuliskan pesan dari pantun pemantik.

5.      Guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik mari bertafakkur.

6.      Setelah membaca rubrik bertafakkur, peserta didik diminta menuliskan pertanyaan sebagaimana pada tabel yang ada di buku teks.

7.      Setelah itu guru memberikan kata kunci topik yang akan dibahas. Kata kunci terdapat pada rubrik titik fokus.

8.      Kemudian guru meminta peserta didik untuk mulai membahas materi pelajaran pada rubrik talab al ilmi. Model pembelajaran yang digunakan pada pertemuan:

a) Pertemuan pertama: tutor Sebaya dan Tanya jawab

1. Guru menentukan beberapa orang peserta didik yang paling tartil membaca Al Qur’an sebagai tutor.

2. Peserta didik yang menjadi tutor disebar dalam setiap kelompok.

3. Guru atau salah seorang tutor memberikan contoh bacaan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 .

4. Peserta didik dan guru bertanya jawab terkait tajwid terutama hukum bacaan waqf..

5. Anggota kelompok berlatih membaca Al Qur’an sesuai tajwid dipandu oleh tutor sebaya.

6. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator.

b) Pertemuan ke dua: praktik atau demonstrasi

Langkah-langkah pembelajaran praktik:

1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan dipraktikkan.

2. Guru mempraktikkan secara langsung memberikan contoh hafalan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 sesuai kaidah tajwid di depan peserta didik.

3. Peserta didik menirukan atau mempraktikkan dengan menghafal Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 sesuai kaidah tajwid sesuai dengan yang dipraktikkan oleh guru dengan bimbingan guru.

4. Secara berulang-ulang peserta didik menghafalkan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 sesuai kaidah tajwid.

5. Secara bergantian peserta didik menunjukkan hafalannya di depan guru.

 

c) Pertemuan ketiga model pembelajaran inquiry

Langkah-langkah model pembelajaran inquiry sebagai berikut:

1. Mengisi arti kata Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9

2. Identifikasi masalah yaitu kandungan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9. tentang kedudukan hadis terhadap Al Qur’an.

3. Merumuskan hipotesis atau pertanyaan kandungan Q.S. Al Mujadilah:11 dan Q.S. Az Zumar: 9 tentang kedudukan hadis terhadap Al- Qur’an.

4. Mengumpulkan data tentang kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an dari berbagai sumber belajar.

5. Menganalisis dan mengiterpretasikan data.

6. Mengambil kesimpulan.

d) Pertemuan keempat: Model pembelajaran inquiry

Langkah-langkah Model pembelajaran inquiry sebagai berikut:

1. Identifikasi masalah yaitu perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis.

2. Merumuskan hipotesis atau pertanyaan mengenai perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mengumpulkan data tentang perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis. dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber belajar.

4. Menganalisis dan mengiterpretasikan data.

5. Mengambil kesimpulan.

e) Pertemuan kelima: model pembelajaran berbasis produk

Langkah-langkah pembelajaran berbasis produk yaitu:

1. Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan tentang Simple Mind Lite.

2. Membuat membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam simple mind lite.

3.   Mempresentasikan hasil produk.

4. Mengevaluasi pengalaman saat membuat produk dan bersama melakukan refleksi.

9.      Guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik ikhtisar, untuk mengetahui poin-poin penting materi yang dibahas.

 

Kemandirian dan berpikir kritis

90 menit

Kegiatan Penutup

1.      Guru meminta peserta didik membaca kisah inspiratif dalam rubrik inspirasiku.

2.      Guru membimbing peserta didik untuk mengklarifikasi dan menyebutkan nilai penting yang terkandung dalam inspirasiku.

3.      Guru meminta peserta didik menyimpulkan himah dari kisah inspiratif sebagai bentuk refleksi diri.

4.      Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik aku pelajar pancasila dan melakukan refleksi diri terkait dengan profil tersebut.

5.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.

6.      Guru bersama-sama para siswa menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

Imtakh dan berpikir krtitis

15 menit

 

 

K

Asesmen

 

 

 

 

 

1.     Teknik Penilaian

  1. Sikap spiritual

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat Pembelajaran Berlangsung (formatif)

Penilaian untuk pencapaian pembelajaran (assessment for learning)

 

2.

Penilaian Diri

Lembar Penilaian Diri

Lampiran 5

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.

Penilaian antarteman

Lembar Penilaian antarteman

Lampiran 6

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

 

  1. Sikap Sosial

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat Pembelajaran Berlangsung (formatf)

Penilaian untuk pencapaian pembelajaran (assessment for learning)

 

2.

Penilaian Diri

Lembar Penilaian Diri

Lampiran 5

Saat Pembelajaran usai (formatif)

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.

Penilaian antar teman

Lembar Penilaian antar teman

Lampiran 6

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

 

  1. Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

Lampiran 7

Saat Pembelajaran Berlangsung (formatif)

Penilaian untuk pembelaja ran (assessment for learning)

 

2.

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 8

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Penilaian untuk dan sebagai pembelaja ran (assessment for and as learning)

 

3.

Tertulis

Soal-soal esei

Lampiran 9

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Penilaian pencapaian pembelaja ran (assessment of learning)

 

4.

Porto folio

Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis

 

Saat Pembelajaran usai (sumatif)

Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahu an (assessment of learning)

 

 

  1. Keterampilan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Produk

Soal keterampilan produk

Lampiran 10

Saat Pembelaja ran Berlangsung/atau setelah usai (formatif/sumatif)

Penilaian untuk, sebagai dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as and of learning)

 

2.

Porto folio

Sampel produk terbaik hasil dari tugas atau proyek

 

Saat Pembelaja ran usai (sumatif)

Penilaian untuk dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

 

L

Remedial dan Pengayaan

 

1.       Pembelajaran Remedial

Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk ; 1) bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum mencapai ketuntasan , maksimal 20 %; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20 % tetapi kurang dari 50 %; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian jika peserta didik yang belum tuntas 50 % atau lebih..

 

2.     Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

 

 

L

Refleksi

 

1.       Peserta Didik

Peserta didik baik secara pribadi maupun kelompok memberikan pendapatnya tentang proses pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk bahan evaluasi bagi guru dan peserta didik pada proses pembelajaran berikutnya.

 

2.       Guru

Guru aktif berdikusi dengan teman sejawat, kepala sekolah dan pengawas untuk pengembangan pembelajaran yang lebih bermakna dan memerdekakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

M

Lembar Kerja Peserta Didik

 

LAMPIRAN – 1

 

JURNAL PENILAIAN SIKAP

 

Petunjuk:

  1. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
  2. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Ttd Siswa

Renc. Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN – 2

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

 

 

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Menghormati mushaf Al-Qur’an.

 

 

2.

Berupaya mengikuti sunah Rasulullah saw. dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

3.

Semangat mempelajari Hadis dan mengamalkannya dalam kehidupan seharihari.

 

 

4.

Menghafalkan Hadis walaupun jumlahnya tidak banyak.

 

 

5.

Terlibat dalam kajian-kajian ilmu agama.

 

 

 

Keterangan:

  1. Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurangkurangnya satu kali dalam satu semester.
  2. Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN – 3

 

LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL

 

 

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Mencintai keluarga, saudara, sahabat sebagaimana dicontohkan oleh Nabi saw., dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

2.

Menyampaikan ajaran agama walaupun sedikit.

 

 

3.

Bertutur kata dengan lemah lembut dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

4.

Menyelesaikan suatu permasalahan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari secara kekeluargaan.

 

 

5.

Menaati tata tertib sekolah.

 

 

 

Keterangan:

  1. Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurangkurangnya satu kali dalam satu semester.
  2. Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN – 4

 

SOAL-SOAL TES TERTULIS

 

 

Nama Sekolah         : ......................................

Kelas/Semester       : IX/Semester I

Tahun Pelajaran      : 2023/2024

Mata Pelajaran        : PAI & Budi Pekerti

 

 

 

A.    Daftar Pertanyaan

1.      Kita diperintahkan untuk untuk patuh dan taat kepada Allah Swt. Taat kepada Allah Swt. adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan taat kepada Rasulullah saw. dengan mengamalkan sunahnya, begitu pula menaati ulil amri. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri!

2.      Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis?

3.      Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!

4.      Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, Hadis, aṡar, dan khabar!

5.      Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!

 

B.     Kunci Jawaban

NO

KUNCI JAWABAN

CARA PENILAIAN

SKOR MAKSIMAL

1.

1. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya, skor 4.

2. Jika peserta didik dapat menuliskan jawabannya lengkap dengan alasannya kurang lengkap dengan alasannya, skor 3.

3. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya tidak lengkap dengan alasannya, skor 2.

4. Jika peserta didik tidak dapat menjawab lengkap dengan alasannya, skor 1

20

2.

Mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman. Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan ajaran Islam.

1. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya, skor 4.

2. Jika peserta didik dapat menuliskan jawabannya lengkap dengan alasannya kurang lengkap dengan alasannya, skor 3.

3. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya tidak lengkap dengan alasannya, skor 2.

4. Jika peserta didik tidak dapat menjawab lengkap dengan alasannya, skor 1

20

3.

1. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya, skor 4.

2. Jika peserta didik dapat menuliskan jawabannya lengkap dengan alasannya kurang lengkap dengan alasannya, skor 3.

3. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya tidak lengkap dengan alasannya, skor 2.

4. Jika peserta didik tidak dapat menjawab lengkap dengan alasannya, skor 1

20

4.

Hasil karya peserta didik (peta konsep)

1. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya, skor 4.

2. Jika peserta didik dapat menuliskan jawabannya lengkap dengan alasannya kurang lengkap dengan alasannya, skor 3.

3. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya tidak lengkap dengan alasannya, skor 2.

4. Jika peserta didik tidak dapat menjawab lengkap dengan alasannya, skor 1

20

5.

Fungsi hadis terhadap Al-Qur’an adalah menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap

ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al- Qur’an dan membatalkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.

1. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya, skor 4.

2. Jika peserta didik dapat menuliskan jawabannya lengkap dengan alasannya kurang lengkap dengan alasannya, skor 3.

3. Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban lengkap dengan alasannya tidak lengkap dengan alasannya, skor 2.

4. Jika peserta didik tidak dapat menjawab lengkap dengan alasannya, skor 1

20

 

 

C.    Pedoman Penskoran

Masing-masing soal memiliki bobot nilai 20 jadi scor 20 x 5 = 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN – 5

 

FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL

PEMBELAJARAN REMEDIAL

 

Sekolah                            :    ......................................

Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                :    VII/Dua

Materi Remedial              :    1. …

                                             2. …

Waktu Pemb. Remedial :    …

Waktu Ulangan Remedial    : …

Ketuntasan Belajar          :    …

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH

KD Yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN – 6

 

FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL

PEMBELAJARAN PENGAYAAN

 

Sekolah                            :    ......................................

Mata Pelajaran                 :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                :    VII/Dua

Materi Pengayaan            :    1. …

                                             2. …

Waktu Pengayaan           :    …

Waktu Ulangan               :    …

Ketuntasan Belajar          :    …

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1.

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

N

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

 

1.      Buku guru dan buku siswa.

2.      Link pembelajaran online (youtube).

3.      Media offline dan online.

4.      Hasil diskusi dan konsultasi.

5.      Pengalaman dan pengamalan beragama.

 

 

 

O

Glosarium

 

Istilah

Defenisi

alif lām qamariyyah

hukum bacaan alif lām yang bertemu dengan salah satu huruf alif lām qamariyyah. Cara membacanya dengan menjelaskan suara alif lām-nya

alif lām syamsiyyah

hukum bacaan alif lām yang bertemu dengan salah satu huruf alif lām syamsiyyah. Cara membacanya dengan memasukkan suara alif lām pada huruf di depannya

al-qur’an

Firman Allah Swt. yang diturunkan kepada Nabi

Muhammad saw sebagai mukjizat membacanya

menjadi ibadah

hadis mutawatir

hadis yang disampaikan oleh rawi yang banyak

jumlahnya secara berturut-turut pada setiap generasi, yang menurut kebiasaan mereka mustahil berkumpul untuk membuat kebohongan

hadis qudsi

hadis yang berisi wahyu yang diterima oleh Nabi

Muhammad saw., tetapi dirawikan oleh Nabi saw

dengan kata-kata sendiri, atau hadis yg berisi firman Allah Swt. yang redaksinya diungkapkan oleh Nabi Muhammad saw

 

 

P

Daftar Pustaka

 

 

1.      Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006.

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman: 84-101).

3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman: 84-101).

4.      Choeroni, dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII Semarang: ESIS Erlangga.

5.      Tim MGMP PAI SMP Kota Makassar, 2016. Modul Pembelajaran PAI & Budi Pekerti Kelas VII.

 

 

 

 

Q

Materi Pembelajaran

 

 

1.     Pertemuan Ke-1

 

      Materi Reguler

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


           

           

 

2.     Pertemuan Ke-2

 

      Materi Reguler

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           

3.     Pertemuan Ke-3

 

      Materi Reguler

 

1.      Al-Qur’an adalah wahyu Allah Swt. berbahasa Arab, sebagai mukjizat, disampaikan secara mutawatir, tertulis dalam mushaf, dan membacanya adalah ibadah.

2.      Sunah adalah semua yang bersumber dari Nabi Muhammad saw. baik perkataan, perbuatan, taqrir̅ , tabiat, budi pekerti atau perjalanan hidupnya.

3.      Hadis adalah perkataan, perbuatan, dan taqrir̅ yang bersumber Nabi Muhammad saw. Ada pula ulama yang menyamakan sunah dengan Hadis.

4.      Khabar adalah sesuatu yang berasal atau disandarkan kepada nabi dan selain nabi.

5.      Aṡar adalah sesuatu yang disandarkan sahabat dan tabiin.

6.      6. Fungsi sunah adalah menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al-Qur’an dan membatalkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok denganlingkungannya dan lebih luas.

 

 

           

4.     Pertemuan Ke-4

 

      Materi Reguler

 

1.      Kandungan Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah menjelaskan untuk patuh dan taat kepada Allah Swt., Rasulullah dan pemimpin-pemimpin kita, serta menjadikan Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber hukum.

2.      Kandungan Q.S. an-Naḥl/16: 64 menjelaskan kepada seluruh manusia apabila ada perdebatan dalam masalah agama seperti tauhid, takdir, dan hukum agar kembali kepada Al-Qur’an dan Hadis. Al-Qur’an dijadikan petunjuk dan rahmat bagi umat Islam.

3.      Semangat mendalami Al-Qur’an dapat dilakukan dengan membaca Al- Qur’an dengan baik, memahami terjemah, dan membaca buku tafsir.

4.      Semangat mendalami Hadis dapat diwujudkan dengan membaca bukubuku yang berkenaan dengan Hadis.

5.      Berkonsultasi dengan guru terkait bacaan atau kandungan Al-Qur’an dan Hadis menjadi ciri semangat dalam mendalami Al-Qur’an dan Hadis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           

5.     Pertemuan Ke-5

 

      Materi Reguler

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saran-saran

 

.............................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 35 Makassar

 

 

 

 

Parenrengi, S. Pd., M. Pd.

NIP. 19650915 199812 1 002

Makassar,   Juli 2023

Guru Mata Pelajaran

PAI dan Budi Pekerti,

 

 

 

 

Anwar, S. Ag., M. Pd. I.

NIP. 19730605 199802 1 002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK