CONTOH NASKAH LOMBA MODEL PEMBELAJARAN PAI

 



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional (kemendiknas) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional tersebut pembelajaran harus mampu melatih cara berfikir dan bernalar, mengembangkan aktifitas kreatif, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam kelompok, mengembangkan kemampuan menyampaikan infomasi atau mengkomunikasikan gagasan.

Perubahan kurikulum yang terjadi saat ini yaitu kurikulum 2013 diharapkan mampu memberikan hasil yang lebih optimal terhadap pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional.

Berhasilnya tujuan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan Peserta. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu membuat dan memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan kreatif sebagai upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran terutama dalam peningkatan kualitas prosespembelajaran dan hasil belajar peserta didik khususnya pelajaran PAI. Model pembelajaran tersebut harus mampu membimbing peserta didik untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu Peserta Didik berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya akan lebih menguatkan pemahaman Peserta Didik terhadap konsep-konsep yang diajarkan.

Model pembelajaran yang baik harus bisa membangun minat dan motivasi peserta didik. Tanpa adanya minat menandakan bahwa Peserta Didik tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang monoton seperti ceramah kurang mampu membangun motivasi belajar peserta didik. Untuk itu, guru harus menggunakan model pembelajaran yang bisa memotivasi peserta didik dalam pembelajaran  untuk memperoleh kualitas pembelajaran yang lebih baik. Tugas penting guru adalah merencanakan bagaimana guru mendukung motivasi Peserta Didik.[1]

Pembelajaran itu dikatakan berkualitas  ketika hasil belajar dari peserta didik memberikan pemahaman dan pengalaman yang mendalam terhadap pengetahuan yang dipelajari, bukan hanya sekedar hafalan materi yang tanpa mereka pemahami dan maknai. Kegagalan pendidikan kita saat ini salah satunya karena proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas hanya menekankan pada pencapaian hafalan materi, sementara pemberian materi yang hanya bersifat hafalan tidak akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna, karena hanya berada ditataran kognitif, sementara pembelajaran itu harus mencakup pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Materi dan pengalaman elajar yang diberika diselolah harus bermanfaat untuk bekal kehidupan pesert didik.[2] Selain itu berbicara mengenai kualitas proses pembelajaran di sekolah apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman Peserta Didik terhadap materi ajar, pembelajaran di dalam kelas harus bisa memberikan pemahaman dan pengalaman yang dipelajari yang akan diperguanakan di luar kelas. Artinya guru harus bisa menciptakan sebuah model pembelajaran yang bisa membawa kondisi diluar kelas masuk kedalam ruang kelas untuk memudahkan peserta didik nantinya menggunakan pengetahun yang mereka pelajari di luar kelas. 

B.     Permasalahan

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran di kelas pada tema ayo kita sholat kelas 1 Sekolah Dasar, maka penulis memperjelas arah penulisan naskah ini dengan merumuskan masalah sebagai berikut:

1.   Bagaimanakah cara meningkatkan minat dan motivasi peserta didik  dalam belajar ?

2.   Bagaimanakah cara memberikan pemahaman materi kepada peserta didik dalam belajar bukan sekedar menghafal materi ?

3.   Bagaimanakah cara Peserta Didik dalam  menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan/ dimanfaatkan ?

C.    Desain Pemecahan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran diatas, maka kami memberikan alternatif yang diperkirakan dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi untuk pencapaian tujuan pendidikan yang optimal yaitu dengan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning/CTL dengan menggunakan “Peta Aktifitasku” dalam perspektif kurikulum 2013. 

D.    Tujuan

Adapun tujuan yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah:

1.      Agar Peserta didik  memiliki minat dan motivasi dalam belajar.

2.      Agar Peserta didik dapat memahami materi ajar bukan hanya sekedar menghafal.

3.      Agar Peserta Didik mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan teresebut akan dipergunakan/ dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

E.     Manfaat

Manfaat yang diperoleh dengan implementasi media pembelajaran adalah:

1.      Belajar lebih menarik dan menyenangkan.

2.      Peserta didik mendapatkan Hasil belajar yang lebih baik.

Sebagai bahan pertimbangan guru untuk menentukan model pembelajaran yang tepat.


[1] Moh Nur. Pemotivasian Peserta Didik untuk Belajar. Surabaya: University Press. Univesitas Negeri Surabaya, 2001, h.3.

[2] Susilana Rudi, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis, Jakarta. PT Importl Bhakti Utama. 2007. h.97.

Download versi lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN