MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS PAI BP
Pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa hendaknya memberikan
pelayanan yang selaras dengan tuntutan zaman. Seseorang yang hidup di abad ke-21
dituntut berbagai keterampilan relevan yang harus dikuasai agar dapat beradaptasi dan
berkontribusi sehingga menjadi pribadi yang sukses. Tuntutan kemampuan abad 21 yang
semakin kompetitif menuntut empat kompetensi, yaitu Critical Thinking and Problem
Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Pendidikan sebagai
pengemban peran reformatif dan transformatif harus mampu mempersiapkan siswa
untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut.
Kebutuhan terhadap lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif inilah yang
menjadi kompetensi lulusan utama pada kurikulum 2013. Pengembangan kurikulum ini
didasarkan prinsip pokok, yaitu kompetensi lulusan yang didasarkan atas kebutuhan, isi
kurikulum dan mata pelajaran yang diturunkan secara langsung dari kebutuhan
kompetensi, mata pelajaran yang kontributif pada pembentukan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Penerapan prinsip-prinsip yang esensial ini diharapkan agar implementasi
kurikulum 2013 menghasilkan lulusan yang siap menghadapi abad 21.
Sebagai bagian yang utuh dan selaras dengan komponen kurikulum 2013, penilaian
berperan untuk menstimulus capaian pembelajaran yang salah satunya membangun
sikap kritis. Untuk membangun kemampuan Critical Thinking and Problem Solving,
instrumen penilaian diarahkan pada soal berstandar internasional, yaitu Higher Order
Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Buku ini merupakan
modul penyusunan soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru
dalam sebuah penilaian yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan
kemampuan berpikir kritis bagi siswa.
Komentar
Posting Komentar