Asesmen Kompetensi Minimun (Apa, Bagaimana dan Mengapa)


 

Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara

komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar

dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari

asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas

proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya

dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.

Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen

nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi).

Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang

diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.

Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret

hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret

kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai

mata pelajaran.

Buku saku ini disusun untuk memberikan informasi dan wawasan

mengenai soal-soal AKM serta implikasinya dalam pembelajaran

lintas mata pelajaran. Penjelasan mengenai tingkat kompetensi dari

hasil AKM juga diharapkan memantik beragam strategi pembelajaran

yang disesuaikan dengan kemampuan murid: “teaching at the

right level”. Kami berharap buku saku ini menjadi inspirasi untuk

terbentuknya kultur belajar yang memposisikan murid sebagai fokus

utama, menggeser paradigma dari mengajarkan materi menjadi

menumbuhkan kompetensi secara konstruktif dan adaptif.

Asesmen dan Implikasinya dengan pembelajarn

Contoh modul asesmen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN