CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2019/2020 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII
SMP NEGERI 35 MAKASSAR
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2019/2020
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII
1.
Perhatikan
tabel berikut!
Nama
Malaikat
|
Tugas
Malaikat
|
||
1.
|
Jibril
|
a.
|
Menurunkan
wahyu
|
2.
|
Izrail
|
b.
|
Mencatat
amal baik
|
3.
|
Israfil
|
c.
|
Mencabut
nyawa
|
4.
|
Raqib
|
d.
|
Meniup
sangkakala
|
Berdasarkan
tabel tersebut, pasangan yang tepat antara nama malaikat dan tugasnya adalah ….
A. 1-a, 2-c,
3-d, 4-b
B. 1-a, 2-d,
3-c, 4-c
C. 2-a, 1-b,
3-d, 4-c
D. 2-b, 1-a, 3-c, 4-d
2.
Ahmad ditunjuk
oleh kepala sekolah untuk menjadi khotib shalat jumat. Dia mempersiapkan diri
untuk bisa menyampaikan khotbah sesuai dengan rukun khotbah jumat, syarat
khotbah jumat dan juga sunnah khotbah jumat.
Di bawah ini
termasuk rukun khotbah jumat, kecuali ... .
A. mengucapkan
salam
B. membaca dua
kalimat syahadat
C. membaca
salawat atas Rasulullah saw.
D. mengucapkan puji-pujian kepada Allah swt
3.
Rasyid bersama
teman-temannya pergi tamasya ke Tator. Mereka berangkat dari Makassar pukul
05.30.
Mereka berhenti di masjid untuk istirahat dan melakukan shalat jama'
ta’khir dhuhur.
Cara shalat yang dilakukan oleh Rasyid adalah….
A. Shalat Isya dan Subuh dikerjakan pada waktu Subuh
B. Shalat Maghrib dan Isya dikerjakan pada waktu Isya
C. Shalat Dhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Dhuhur
D. Shalat Dhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar
4.
Nabi
Muhammad saw. memiliki misi menyempurnakan akhlak umat manusia. Beliau telah
menegaskannya dalam sebuah hadis yang artinya ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan
akhlak yang mulia.” Cara beliau menjalankan misi menyempurnakan akhlak ini
adalah dengan memberikan keteladanan.
Keteladanan yang dimiliki Nabi Muhammad
ditunjukkannya dalam kehidupan nyata.
Hal itu menunjukan bahwa Rasulullah diutus sebagai … .
A. uswatun hasanah
B. Rahmatan lil alamin
C. pembebas bangsa Arab
D. pembawa ajaran Islam
5.
Dalam membangun
masyarakat Madinah, Rasulullah saw melakukan berbagai strategi di antaranya dengan
cara mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar, menyatukan
suku-suku yang selama ini berseteru tanpa membedakan suku, agama, dan ras.
Strategi Rasulullah Saw ini dibingkai dengan sebuah aturan yang dikenal dengan
nama “Piagam Madinah”.
Nilai yang dapat diteladani dari strategi Rasulullah Saw tersebut
adalah ….
A. Mempererat tali persaudaraan
B. Kesamaan hak dan kewajiban
C. Semangat dalam membangun negeri
D. Piagam Madinah sebagai perekat persaudaraan
6.
Bacalah
ilustrasi di bawah ini!
“ Zahra
hatinya berduka, ibu yang sangat dicinta telah pergi untuk selama-lamanya. Rasa
duka itu semakin memenuhi dada ketika ia merasa belum bisa membalas semua jasa
yang diberikan ibu tercinta. Ketika hatinya mulai terbuka, untuk berbakti
kepada ibu tercinta, ibu telah menghadap sang pencipta, kembali ke alam baqa.
Sebagai rasa cinta kepada ibu, Zahra melakukan beberapa perbuatan, seperti
:
1) Memajang
gambar ibunya di ruang tamu sebagai rasa duka dan hormat kepada ibu,
2) Mendoakan
agar Allah mengampuni kesalahan ibunya setelah sholat,
3) Merayakan
hari ulang tahun ibunya sebagai ungkapan cinta kepada orang tua,
4) Meninggikan
kuburan serta menghiasi nisan makam ibunya.”
Cara berbakti
yang paling sesuai dengan hukum Islam terdapat pada nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7.
Perhatikan
perilaku berikut :
1) Tidak mengambil barang milik orang lain karena takut berurusan dengan
polisi
2) Membantu pekerjaan orang tua karena ingin mendapat hadiah
3) Melaksnakan ibadah dan kebaikan, baik dilihat orang lain maupun
tidak
4) Membiarkan teman yang berkelahi karena akan mengganggu pelajaran
Perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8.
Perhatikan
perilaku berikut……
1. Mengantar ibu ke pasar
2. Mendengar nasehat orang tua
3. Membantah perintah bapak
4. Menonton TV ketika dipangging belajar
5. Membersihkan tempat tidur ketika bangun
Perilaku harmat kepada orang tua ditunjukkan oleh nomor …..
A. 1,2,3
B. 1,3, 5
C. 3, 4, 5
D. 1,2, 5
9.
Perhatikan
tabel berikut !
No
|
Perilaku
|
No
|
Perilaku
|
1.
|
Bertutur
kata yang santun
|
7.
|
Menyelesaikan
tugas/PR tepat waktu
|
2.
|
Mengucapkan
kata ah
|
8.
|
Tidak
memperhatikan pada saat
menjelaskan
|
3.
|
Mengikuti
pelajaran dengan penuh
semangat
|
9.
|
Meremehkan
dan menganggap rendah
|
4.
|
Melaksanakan
perintah dan nasehatnya
|
10.
|
Membantu
pekerjaan di rumah
|
5.
|
Bolos
mengikuti pelajaran
|
11.
|
Memperlakukan
dengan kasar
|
6.
|
Memotong
pembicaraannya
|
12.
|
Menyapa
sambil tersenyum jika
berpapasan
|
Perilaku
yang mencerminkan hormat dan taat kepada guru, ditunjukkan pada nomor ....
A.
1, 4, dan 10
B.
2, 9, dan 11
C.
3, 7, dan 12
D.
5, 6, dan 8
10. Perhatikan ilustrasi berikut!
Amir merupakan anak
yang selalu mendoakan orang tuanya ketika Amir selesai melaksanakan shalat fardhu,
Hal yang dapat dipetik dari perilaku berbakti kepada orang tua dan guru
adalah….
A. Menjaga nama
baik keluarga
B. Tidak
melaksanakan wasiat orang tuanya
C. Melaksanakan
wasiat dan menjaga nama baik keluarga
D. Memutuskan tali silaturahmi yang pernah dilakukan orang tuanya
11. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Islam
2. Berakal, orang gila tidak wajib
3. Menetap (bermukim),orang yang sedang dalam perjalanan (musafir)
tidak wajib
4. Sehat, orang yang sedang sakit atau berhalangan tidak diwajibkan
5. Balig (dewasa), anak-anak tidak diwajibkan
6. Laki-laki, perempuan tidak diwajibkan
Urutan syarat wajib salat jumat yang benar ditunjukkan pada nomor
...
A. 1,2,3,4,5,6
B. 2,3,1,5,4,6
C. 1,5,2,6,4,3
D. 2,1,3,5,4,6
12. Siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar sedang mengadakan studi
wisata di kota Palu,
perjalanan
di mulai dari pukul 10.30. kendaraan berhenti untuk istirahat pada pukul 13.00.
cara yang dapat di pilih siswa untuk melaksanakan salat dhuhur dan ashar
adalah....
A. Jamak Takdim
B. Qada
C. Jamak Takhir
D. Qashar
13. Madinah ketika pertama kali Nabi Muhammad sampai di tempat
tersebut, belum tampak sebagai sebuah kota yang menarik dan bercahaya. Sehingga
Nabi beserta kaum muslimin membangun kota tersebut hingga menjadi sebuah kota
yan menawan. Strategi yang tepat di bawah ini yang ditempuh Nabi Muhammad SAW
dalam membangun kota Madinah adalah … .
A.
Mengunjungi tokoh masyarakat dan agama di Madinah; membangun pusat kegiatan yang
dapat digunakan bersama; membangun pasar bersama-sama antara Muhajirin, Anshar
dan non Muslim Madinah; mengadakan perjanjian melalui Piagam Madinah
B. Membuat perjanjian damai dengan kaum Yahudi Madinah; mengikat
persaudaraan dengan
menikahkan pemuda muslim dengan pemudi non Muslim; membangun masjid
yang dapat
digunakan bersama-sama; membangun pusat ekonomi
C. Membangun masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan;
mempersaudarakan kaum
Muhajirin dan Anshar; membangun hubungan baik dengan penduduk Madinah
non Muslim;
meletakkan dasar hubungan kemasyarakat melalui Piagam Madinah
D.
Membangun masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan; membangun pasar
sebagai pusat kegiatan ekonomi; membangun gedung pertemuan; mempersaudarakan
kaum Muhajirin dengan non Muslim Madinah
14. Sesuatu yang senantiasa memberi motivasi kepada Swt. Seperti
ketaatannya para malaikat, adalah merupakan...
A. Keteladanan malaikat
B. Hikmah beriman kepada malaikat
C. Perilaku yang ditunjukkan oleh malaikat
D. Kesamaan tugas manusia dengan malaikat
15. Perhatikan kutipan berita di bawah ini!
Seorang siswa
di salah satu sekolah berinisial X memaki gurunya karena ditegur gurunya
terkait kedisiplinan dalam kelas. Ternyata, siswa tersebut mengadu kepada orang
tuanya, lalu orang tuanya datang dan memukuli guru itu hingga guru itu
mengalami luka-luka.
(Sumber:
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/08/160811_trendsosial_guru_makassar.)
Terkait dengan
peristiwa di atas, sebaiknya sikap siswa terhadap guru yang menegurnya adalah
...
A. Menyampaikan
keluhan melalui media soasial untuk mendapatkan tanggapan yang memadai.
B. Menyadari
bahwa sikap dan perilakunya salah dan menerima dengan baik atas teguran guru
C. Menyampaikan
sikap dan perilaku guru kepada kepala sekolah agar guru bersedia meminta maaf.
D. Menunjukkan alasan dan teman yang turut mengganggu kepada guru,
sebelum dihukum guru
selengkapnya
Komentar
Posting Komentar