CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2019/2020 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII




SMP NEGERI 35 MAKASSAR
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2019/2020
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII

1.      Perhatikan tabel berikut!
Nama Malaikat
Tugas Malaikat
1.
Jibril
a.
Menurunkan wahyu
2.
Izrail
b.
Mencatat amal baik
3.
Israfil
c.
Mencabut nyawa
4.
Raqib
d.
Meniup sangkakala

Berdasarkan tabel tersebut, pasangan yang tepat antara nama malaikat dan tugasnya adalah ….
A. 1-a, 2-c, 3-d, 4-b
B. 1-a, 2-d, 3-c, 4-c
C. 2-a, 1-b, 3-d, 4-c
D. 2-b, 1-a, 3-c, 4-d
2.      Ahmad ditunjuk oleh kepala sekolah untuk menjadi khotib shalat jumat. Dia mempersiapkan diri untuk bisa menyampaikan khotbah sesuai dengan rukun khotbah jumat, syarat khotbah jumat dan juga sunnah khotbah jumat.
Di bawah ini termasuk rukun khotbah jumat, kecuali ... .
A. mengucapkan salam
B. membaca dua kalimat syahadat
C. membaca salawat atas Rasulullah saw.
D. mengucapkan puji-pujian kepada Allah swt
3.      Rasyid bersama teman-temannya pergi tamasya ke Tator. Mereka berangkat dari Makassar pukul 05.30.
Mereka berhenti di masjid untuk istirahat dan melakukan shalat jama' ta’khir dhuhur.
Cara shalat yang dilakukan oleh Rasyid adalah….
A. Shalat Isya dan Subuh dikerjakan pada waktu Subuh
B. Shalat Maghrib dan Isya dikerjakan pada waktu Isya
C. Shalat Dhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Dhuhur
D. Shalat Dhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar
4.      Nabi Muhammad saw. memiliki misi menyempurnakan akhlak umat manusia. Beliau telah menegaskannya dalam sebuah hadis yang artinya ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” Cara beliau menjalankan misi menyempurnakan akhlak ini adalah dengan memberikan keteladanan.
Keteladanan yang dimiliki Nabi Muhammad ditunjukkannya dalam kehidupan nyata.
Hal itu menunjukan bahwa Rasulullah diutus sebagai … .
A. uswatun hasanah
B. Rahmatan lil alamin
C. pembebas bangsa Arab
D. pembawa ajaran Islam
5.      Dalam membangun masyarakat Madinah, Rasulullah saw melakukan berbagai strategi di antaranya dengan cara mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar, menyatukan suku-suku yang selama ini berseteru tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Strategi Rasulullah Saw ini dibingkai dengan sebuah aturan yang dikenal dengan nama “Piagam Madinah”.
Nilai yang dapat diteladani dari strategi Rasulullah Saw tersebut adalah ….
A. Mempererat tali persaudaraan
B. Kesamaan hak dan kewajiban
C. Semangat dalam membangun negeri
D. Piagam Madinah sebagai perekat persaudaraan
6.      Bacalah ilustrasi di bawah ini!
Zahra hatinya berduka, ibu yang sangat dicinta telah pergi untuk selama-lamanya. Rasa duka itu semakin memenuhi dada ketika ia merasa belum bisa membalas semua jasa yang diberikan ibu tercinta. Ketika hatinya mulai terbuka, untuk berbakti kepada ibu tercinta, ibu telah menghadap sang pencipta, kembali ke alam baqa. Sebagai rasa cinta kepada ibu, Zahra melakukan beberapa perbuatan, seperti :
1) Memajang gambar ibunya di ruang tamu sebagai rasa duka dan hormat kepada ibu,
2) Mendoakan agar Allah mengampuni kesalahan ibunya setelah sholat,
3) Merayakan hari ulang tahun ibunya sebagai ungkapan cinta kepada orang tua,
4) Meninggikan kuburan serta menghiasi nisan makam ibunya.”
Cara berbakti yang paling sesuai dengan hukum Islam terdapat pada nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7.      Perhatikan perilaku berikut :
1) Tidak mengambil barang milik orang lain karena takut berurusan dengan polisi
2) Membantu pekerjaan orang tua karena ingin mendapat hadiah
3) Melaksnakan ibadah dan kebaikan, baik dilihat orang lain maupun tidak
4) Membiarkan teman yang berkelahi karena akan mengganggu pelajaran
Perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8.      Perhatikan perilaku berikut……
1. Mengantar ibu ke pasar
2. Mendengar nasehat orang tua
3. Membantah perintah bapak
4. Menonton TV ketika dipangging belajar
5. Membersihkan tempat tidur ketika bangun
Perilaku harmat kepada orang tua ditunjukkan oleh nomor …..
A. 1,2,3
B. 1,3, 5
C. 3, 4, 5
D. 1,2, 5
9.      Perhatikan tabel berikut !
No
Perilaku
No
Perilaku
1.
Bertutur kata yang santun
7.
Menyelesaikan tugas/PR tepat waktu
2.
Mengucapkan kata ah
8.
Tidak memperhatikan pada saat
menjelaskan
3.
Mengikuti pelajaran dengan penuh
semangat
9.
Meremehkan dan menganggap rendah
4.
Melaksanakan perintah dan nasehatnya
10.
Membantu pekerjaan di rumah
5.
Bolos mengikuti pelajaran
11.
Memperlakukan dengan kasar
6.
Memotong pembicaraannya
12.
Menyapa sambil tersenyum jika
berpapasan

Perilaku yang mencerminkan hormat dan taat kepada guru, ditunjukkan pada nomor ....
A. 1, 4, dan 10
B. 2, 9, dan 11
C. 3, 7, dan 12
D. 5, 6, dan 8
10.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Amir merupakan anak yang selalu mendoakan orang tuanya ketika Amir selesai melaksanakan shalat fardhu, Hal yang dapat dipetik dari perilaku berbakti kepada orang tua dan guru adalah….
A. Menjaga nama baik keluarga
B. Tidak melaksanakan wasiat orang tuanya
C. Melaksanakan wasiat dan menjaga nama baik keluarga
D. Memutuskan tali silaturahmi yang pernah dilakukan orang tuanya
11.  Perhatikan pernyataan berikut :
1. Islam
2. Berakal, orang gila tidak wajib
3. Menetap (bermukim),orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) tidak wajib
4. Sehat, orang yang sedang sakit atau berhalangan tidak diwajibkan
5. Balig (dewasa), anak-anak tidak diwajibkan
6. Laki-laki, perempuan tidak diwajibkan
Urutan syarat wajib salat jumat yang benar ditunjukkan pada nomor ...
A. 1,2,3,4,5,6
B. 2,3,1,5,4,6
C. 1,5,2,6,4,3
D. 2,1,3,5,4,6
12.  Siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar sedang mengadakan studi wisata di kota Palu,
perjalanan di mulai dari pukul 10.30. kendaraan berhenti untuk istirahat pada pukul 13.00. cara yang dapat di pilih siswa untuk melaksanakan salat dhuhur dan ashar adalah....
A. Jamak Takdim
B. Qada
C. Jamak Takhir
D. Qashar
13.  Madinah ketika pertama kali Nabi Muhammad sampai di tempat tersebut, belum tampak sebagai sebuah kota yang menarik dan bercahaya. Sehingga Nabi beserta kaum muslimin membangun kota tersebut hingga menjadi sebuah kota yan menawan. Strategi yang tepat di bawah ini yang ditempuh Nabi Muhammad SAW dalam membangun kota Madinah adalah … .
A. Mengunjungi tokoh masyarakat dan agama di Madinah; membangun pusat kegiatan yang dapat digunakan bersama; membangun pasar bersama-sama antara Muhajirin, Anshar dan non Muslim Madinah; mengadakan perjanjian melalui Piagam Madinah
B. Membuat perjanjian damai dengan kaum Yahudi Madinah; mengikat persaudaraan dengan
menikahkan pemuda muslim dengan pemudi non Muslim; membangun masjid yang dapat
digunakan bersama-sama; membangun pusat ekonomi
C. Membangun masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan; mempersaudarakan kaum
Muhajirin dan Anshar; membangun hubungan baik dengan penduduk Madinah non Muslim;
meletakkan dasar hubungan kemasyarakat melalui Piagam Madinah
D. Membangun masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan; membangun pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi; membangun gedung pertemuan; mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan non Muslim Madinah

14.  Sesuatu yang senantiasa memberi motivasi kepada Swt. Seperti ketaatannya para malaikat, adalah merupakan...
A. Keteladanan malaikat
B. Hikmah beriman kepada malaikat
C. Perilaku yang ditunjukkan oleh malaikat
D. Kesamaan tugas manusia dengan malaikat
15.  Perhatikan kutipan berita di bawah ini!
Seorang siswa di salah satu sekolah berinisial X memaki gurunya karena ditegur gurunya terkait kedisiplinan dalam kelas. Ternyata, siswa tersebut mengadu kepada orang tuanya, lalu orang tuanya datang dan memukuli guru itu hingga guru itu mengalami luka-luka.
(Sumber: http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/08/160811_trendsosial_guru_makassar.)
Terkait dengan peristiwa di atas, sebaiknya sikap siswa terhadap guru yang menegurnya adalah ...
A. Menyampaikan keluhan melalui media soasial untuk mendapatkan tanggapan yang memadai.
B. Menyadari bahwa sikap dan perilakunya salah dan menerima dengan baik atas teguran guru
C. Menyampaikan sikap dan perilaku guru kepada kepala sekolah agar guru bersedia meminta maaf.
D. Menunjukkan alasan dan teman yang turut mengganggu kepada guru, sebelum dihukum guru

selengkapnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN