Terbaru Cara mengisi evaluasi diri GPAI di PAIS PPKB tahun 2020


CARA MENGISI EVADIR GPAI TAHUN 2020 DI AKUN PAI PPKB
1. Silakan login di https://ppkb.siagapendis.com/guru/index
2. Masukkan user name dan pasword
3. Pilih evaluasi diri
4. Klik mulai
5. Jangan lupa simpan data evadirnya
 6. Contoh indikator evadir tahun 2020;
PENILAIAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN 2020
Mengembangkan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, akhlak, spiritual, sosial, budaya, emosional, dan intelektual
Indikator    
1     Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya            
2     Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan            
3     Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan            
4     Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan            
Mengembangkan teori dan prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran yang mendidik
Indikator    
2     Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan pengembangan PAI            
1     Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pengembangan PAI.            
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan PAI
No     Indikator     0
5     Menyusun perencanaan semester, bulanan, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan PAI.            
1     Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAI.            
2     Menentukan tujuan kegiatan pengembangan PAI yang mendidik.            
3     Menentukan kegiatan belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pengembangan PAI.            
4     Memilih materi kegiatan sesuai dengan tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam.            
6     Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian PAI.            
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
No     Indikator     0
6     Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran PAI.            
1     Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.            
2     Mengembangkan komponen- komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan            
3     Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas            
4     Menerapkan kegiatan pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna            
5     Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, demokratis, berkesetaraan gender, dan bermanfaat            
7     Menerapkan tahapan pembelajaran dalam kegiatan pengembangan PAI.            
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan PAI
No     Indikator     0

2     Mengakses informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI.            
1     Mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI.            
3     Menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan bahan dan kegiatan PAI yang mendidik.            
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
No     Indikator     0
2     Menyediakan berbagai bahan ajar PAI dan rancangan kegiatan pembelajarannya untuk mendorong peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal.            
1     Memilih berbagai kegiatan belajar yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensinya.            
3     Membuka akses peserta didik untuk belajar PAI dan mendorong pengembangan potensinya            
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
No     Indikator     0
3     Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi sosial di lingkungan satuan pendidikan.            
1     Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.            
2     Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi pembelajaran PAI.            
4     Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan pemangku kepentingan PAI            
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
No     Indikator     0
7     Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar PAI            
1     Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik PAI.            
2     Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik PAI.            
3     Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.            
4     Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.            
5     Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar PAI secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.            
6     Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar PAI untuk berbagai tujuan.            
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi PAI untuk kepentingan pembelajaran
No     Indikator     0
3     Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI kepada pemangku kepentingan.            
1     Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar PAI.            
2     Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan PAI.            
4     Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran            
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
No     Indikator     0
2     Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan PAI.            
1     Melakukan refleksi terhadap pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan.            
3     Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI            
Bertindak sesuai dengan norma agama Islam, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
No     Indikator     0
4     Menghargai guru dan peserta didik yang berbeda agama, adat istiadat, suku maupun budaya.            
1     Mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pendidikan Agama Islam yang meliputi cara bersikap, berpakaian, bertingkah laku, dan bertutur kata.            
2     Menjadi teladan bagi peserta didik dan rekan sesama warga sekolah.            
3     Berperilaku Islami, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.            
5     Bertindak sesuai dengan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat serta kebudayaan nasional Indonesia            
Memiliki kemampuan untuk menjaga integritas diri sebagai guru PAI
No     Indikator     0
2     Melaksanakan tugas profesi guru PAI sebagai amanah dengan baik dan bertanggung jawab.            
1     Berperilaku jujur dalam setiap ucapan dan tindakan.            
3     Konsisten antara ucapan dan tindakan            
Menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
No     Indikator     0
2     Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia sebagai GPAI.            
1     Bertindak adil, tegas, dan manusiawi.            
3     Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat sekitarnya.            
Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa
No     Indikator     0
2     Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa sebagai guru PAI.            
1     Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap.            
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi GPAI, dan rasa percaya diri
No     Indikator     0
2     Bangga menjadi GPAI dan percaya pada diri sendiri.            
3     Bekerja secara profesional.            
1     Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.            
Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
No     Indikator     0
2     Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi GPAI            
1     Memahami kode etik profesi GPAI.            
Bertindak objektif, dan tidak diskriminatif.
No     Indikator     0
1     Bertindak positif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.            
2     Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan orang tua murid            
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat
No     Indikator     0
2     Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.            
1     Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif.            
3     Mengikutsertakan orang tua murid dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik            
Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya
No     Indikator     0
1     Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat.            
2     Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas PAI            
Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain\r\n
No     Indikator     0
1     Berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.            
2     Mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi, baik secara lisan, tulisan atau bentuk lain            
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI
No     Indikator     0
3     Menguasai pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI            
1     Memahami konsep dasar Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) aspek Pendidikan Agama Islam, yaitu Al-Qur?an dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam.            
2     Menguasai struktur materi Agama Islam di berbagai sumber belajar yang relevan untuk pembelajaran PAI.            
4     Menguasai berbagai model dan metode pembelajaran PAI.            
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan PAI
No     Indikator     0
2     Memahami kemajuan peserta didik dalam pembelajaran PAI.            
1     Memahami kemampuan peserta didik dalam bidang PAI            
3     Memahami tujuan setiap kegiatan pembelajaran PAI            
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif
No     Indikator     0
2     Mengolah materi PAI secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.            
1     Memilih materi PAI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.            
3     Mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan pengajaran yang proporsional sesuai dengan tingkat pemahaman keagamaan peserta didik            
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
No     Indikator     0
3     Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.            
1     Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.            
2     Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.            
4     Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber            
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
No     Indikator     0
1     Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.            
2     Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri            
Menyadari bahwa mengajar adalah ibadah dan harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh
No     Indikator     0
1     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan ikhlas karena Allah.            
2     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh            
Meyakini bahwa mengajar adalah rahmat dan amanah
No     Indikator     0
1     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan setulus hati.            
2     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan penuh tanggung jawab            
Meyakini sepenuh hati bahwa mengajar adalah panggilan jiwa dan pengabdian.
No     Indikator     0
2     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan dedikasi yang tinggi            
1     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan semangat dan penuh integritas.            
Menyadari dengan sepenuh hati bahwa mengajar adalah aktualisasi diri dan kehormatan
No     Indikator     0
3     Merasa percaya diri tampil sebagai GPAI.            
1     Memahami bahwa GPAI adalah profesi yang terhormat.            
2     Bersemangat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai keimanan yang diyakini dalam kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan.            
4     Merasa bangga dan terhormat sebagai GPAI            
Menyadari dengan sepenuh hati bahwa mengajar adalah pelayanan
No     Indikator     0
2     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan sepenuh hati.            
1     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan penuh semangat pelayanan sebagai implementasi dari nilai-nilai ketakwaan.            
3     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan sebagai sarana pembelajaran bagi GPAI.            
Menyadari dengan sepenuh hati bahwa mengajar adalah seni dan profesi
No     Indikator     0
2     Memahami bahwa mengajar itu sebuah seni yang dinamis dan membutuhkan variasi.            
1     Memahami bahwa menjadi GPAI di satuan pendidikan adalah sebuah profesi yang perlu ditekuni dan dikembangkan terus- menerus.            
3     Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dengan pendekatan yang aktif, kreatif dan inovatif            
Bertanggung jawab secara penuh dalam pembelajaran PAI di satuan pendidikan
No     Indikator     0
1     Melibatkan diri dalam tim pengajar Pendidikan Agama Islam di satuan pendidikan untuk mengembangkan model dan media pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik.            
2     Mengintegrasikan nilai-nilai agama pada setiap subyek mata pelajaran            
Mengorganisir lingkungan satuan pendidikan demi terwujudnya budaya yang Islami.
No     Indikator     0
2     Membina pergaulan sosial di lingkungan satuan pendidikan untuk terciptanya budaya yang Islami.            
1     Menciptakan lingkungan fisik maupun sosial yang bernuansa Islami di satuan pendidikan.            
3     Menerapkan pembiasaan-pembiasaan dalam pelaksanaan amaliah ibadah            
Mengambil inisiatif dalam mengembangkan potensi satuan pendidikanIndikator    
1     Berperan aktif dalam menentukan visi dan misi satuan pendidikan yang bernuansa Islami.            
2     Berfikir kreatif dalam menciptakan budaya organisasi satuan pendidikan yang Islami.            
Berkolaborasi dengan seluruh unsur di lingkungan satuan pendidikanIndikator
1     Berperan aktif dalam membangun kerjasama dengan warga sekolah untuk mencapai tujuan sebagaimana tertuang dalam visi dan misi sekolah            
2     Berperan aktif dalam membina hubungan silaturahmi dengan mensinergikan seluruh warga sekolah untuk terciptanya iklim satuan pendidikan yang Islami            
Berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan di lingkungan satuan pendidikan
No     Indikator     0
1     Melibatkan diri dalam setiap proses pengambilan keputusan di sekolah agar setiap keputusan yang diambil sejalan dengan nilai- nilai Islam.            
2     Mengambil peran utama dalam peng- ambilan keputusan yang berkaitan dengan ranah agama Islam.            
Melayani konsultasi keagamaan dan sosial
No     Indikator     0
2     Memfungsikan diri sebagai konselor keagamaan di satuan pendidikan untuk mengatasi masalah-masalah satuan pendidikan dan sosial melalui pendekatan keagamaan.            
1     Memfungsikan diri sebagai konselor keagamaan di satuan pendidikan untuk mengatasi masalah-masalah peserta didik melalui pendekatan keagamaan.            
3     Bekerjasama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah dalam menyusun program bimbingan konseling            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN