CONTOH RPP MODEL COOPERATIVE LEARNING




Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.8   Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun   Islam.
1.8.1 Meyakini bahwa shalat berjamaah lebih baik dari pada shalat sendirian
1.8.2 Menyakini bahwa salat berjamaah pahalanya berlipat
1.8.3  Meyakini bahwa shalat yang benar dapat mencegah perbuatan tercela.
2.8   Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.
2.8.1  Menunjukkan sikap dapat menghargai pendapat orang lain
2.8.2 Membiasakan bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu hal
3.8   Memahami ketentuan salat berjamaah.

3.8.1 Menjelaskan pengertian salat berjamaah
3.8.2 Menyebutkan dalil naqli tentang salat berjamaah
3.8.3  Menyebutkan hukum salat berjamaah
3.8.4 Menyebutkan syarat sah salat berjamaah
3.8.5  Menyebutkan syarat-syarat makmum
3.8.6  Menyebutkan syarat-syarat imam
3.8.7 Menjelaskan pengertian makmum masbuk
3.8.8 Menyebutkan halangan salat berjamaah
3.8.9    Menyebutkan tata cara salat berjamaah
4.8   Mempraktikkan salat berjamaah.
4.8.1  Mendemonstrasikan salat berjamaah
4.8.2  Mendemonstrasikan makmum masbuk


Pertemuan Pertama
Melalui pembelajaran model Cooperative Learning peserta didik dapat:
1.      Mendeskripsikan pengertian salat berjamaahdengan benar.
2.      Menyebutkan dalil naqli tentang salat berjamaah dengan benar.
3.      Menyebutkan hukum dan syarat sah salat berjamaah dengan benar.
4.      Menyebutkan syarat-syarat imam dan makmum
Sehingga peserta didik meyakini bahwa; shalat berjamaah lebih baik dari pada shalat sendiriansebagai implementasi pemahaman rukun Islam; menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.



Pertemuan Kedua
Melalui pembelajaranContextual Teaching and Learningpeserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian makmum masbuk dengan benar.
2.      Menyebutkan halangan salat berjamaah dengan benar.
3.      Menyebutkan tata cara salat berjamaah dengan benar.
4.      Mendemonstrasikan salat berjamaah dan makmum masbuk
Sehingga peserta didik meyakini bahwa; shalat berjamaah lebih baik dari pada shalat sendiriansebagai implementasi pemahaman rukun Islam; menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.
 
DOWNLOAD RPP
Download RPP yang lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DIAGNOSTIK KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH MODUL AJAR PAI BP KELAS 9 SEMESTER GANJIL MATERI AL-QUR'AN