Contoh RPP PAI SMP Berbasis Project
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 35 Makassar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Dua
Materi Pokok : Dakwah Periode Madinah
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi
Inti
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Ki.3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
kompetensi
|
|
1.12
Menghayati
perjuangan Nabi Muhammad saw. Dalam periode
Madinah dalam menegakkan
risalah Allah Swt.
|
1.12.1
Bersyukur kepada
Allah atas diutusnya Nabi Muhammad
saw
1.12.2
Meningkatkan ibadah
dengan menerapkan sunnah Rasulullah
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2.12
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
2.12.1
Melakukan sikap
sopan santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-
hari
2.12.2
Menunjukkan sikap
sabar dan ulet sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-
hari
|
|
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah
|
3.12.1
Menjelaskan pengertian
hijrah Rasulullah ke Madinah
3.12.2
Menjelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah
3.12.3
Menyebutkan isi
pokok piagam madinah
3.12.4
Menyebutkan 3
program pokok yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah
3.12.5
Menyebutkan
isi berita gembira dari kota Yatsrib
3.12.6 Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw
3.12.7
Mengidentifikasi
golongan-golongan yang terkait dengan peristiwa hijrah Rasulullah
3.12.8
Menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang terjadi saat perjalanan hijrah Rasulullah ke Madinah
3.12.9
Menjelaskan
strategi dakwah Nabi muhammad saw di Madinah
3.12.10
Menjelaskan hikmah
terjadinya peristiwa hijrah Rasulullah
|
|
4.12 Menyajikan strategi perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad saw periode Madinah.
|
4.12.1
Mengidentifikasi
tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode
Madinah
4.12.2
Membuat cerita
bergambar/ensiklopedi mini strategi dakwah Rasulullah periode Madinah melalui
kajian pustaka
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1:
Setelahmenyelesaikankegiatanpembelajaran,
pesertadidikdiharapkandapat:
1.
Bersyukur kepada
Allah atas diutusnya Nabi Muhammad
saw
2.
Peserta didik dapa
meningkatkan ibadah dengan menerapkan sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Membiasakan sikap sopan
santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari
dengan baik.
4.
Membiasakan berkata
sopan santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-
hari dengan baik.
5.
Menjelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah dengan tepat.
6.
Peserta didik
menyebutkan isi pokok piagam madinah
7.
Peserta didik
menyebutkan 3 program pokok yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah
8.
Menyebutkan berita
gembira dari kota Yatsrib dengan tepat.
9.
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw dengan tepat.
10.
Mengidentifikasi
golongan-golongan yang terkait dengan peristiwa hijrah Rasulullah
11.
Membuat skenario
drama perjalanan hijrah Rasulullah dari mekkah ke Madinah dengan benar.
12.
Membuat laporan
sebab-sebab hijrahnya Rasulullah ke Madinah melalui kajian pustaka dengan
tepat.
Pertemuan
2:
1.
Menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang terjadi saat
perjalanan hijrah Rasulullah ke Madinah
2.
Peserta didik
menjelaskan strategi dakwah Nabi muhammad saw di Madinah
3.
Membuat rute
perjalanan hijrah dan tempet-tempat yang disinggahi oleh Rasulullah pada saat
hijrah
4.
Mengidentifikasi
sikap-sikap yang merupakan bagian dari strategi dakwah Rasulullah
5.
Menampilkan karya berupa
cerita bergambar atau ensiklopedi strategi dakwah Rasulullah saw periode
Madinah.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran
reguler:
Pertemuan 1
a.
Sebab-sebab
Rasulullah SAW hijrah.
b.
Berita Gembira dari
Kota Yastrib
Pertemuan
2
c.
Perjalanan Hijrah
Rasululloh SAW
d.
Dakwah Nabi Muhammad
SAW
2.
Materi pembelajaran
pengayaan:
a.
Hakikat dakwah Nabi Muhammad
SAW di Madinah
b.
Hikmah dakwah Nabi
Muhammad SAW di Madinah
3.
Materi pembelajaran
remedial:
(menyesuaiakan)
E.
Metode
Pembelajaran
Discovery learning (catatan, karena beebasis proyek sisarankan 2 pertemuan
sepenuhnya menggunakan pembelajaean berbaais proyek)
Pembelajaran Berbasis Proyek
F.
Media
dan Bahan
· Media
a.
PresentasiPower Point
b.
Video
pembelajaran/Film tentang sejarah perjuangan Rasulullah
c.
Laptop/Komputer
d.
LCD Projector
e.
White Board/Black
Board
f.
Gunting/ cutter
· Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan lainnya.
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 1 - 23).
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 8 – 24).
3.
Departemen Agama RI.
2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1) Peserta didik dan guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2) Peserta didik memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an
surah/ayat pilihan;
3) Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk;
4) Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan
diskusi interaktif tentang kapan dan dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama
bapak dan ibunya;
5) Guru meminta siswa mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan
untuk mengikuti pelajaran;
6) Guru memotivasi siswa belajar siswa secara konstektual dengan
meminta untuk menyimak penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok
meneladani perjuangan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari;
7) Gurumenegcek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa
melalui tanya jawab dengan siswa tentang peristiwa hijrah rasulullah;
8) Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9) Guru menyampaikan cakupan materi pembalajaran;
10) Guru menejlaskan aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan
pembelajaran discovery learning dan berbasis proyek;
11) Guru meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian
yang akan digunakan oleh guru ( sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan
Inti
(Format ini tidak baku, format ini
digunakan hanya untuk memudahkan melihat syntax dari model pembelajaran yang
digunakan ketika pelatihan. Dalam penyusunan RPP sebagai dokumen Kurikulum di
sekolah dapat dibuat langsung tanpa mencantumkan syntax-nya)
|
Merumuskan
pertanyaan
|
1) Peserta didik membaca buku teks sejarah
Nabi Muhammad SAW di kota Madinah dan buku sumber lain yang ada di
perpustakaan sekolah maupun dari majalah, buletin ataupun lainnya;
2) Guru membimbing peserta didik dengan
mengajukan pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah
atau pertanyaan lain yang relevan.
3) Peserta didik merumuskan
permasalahan-permasalahan, misalnya :
a)
Berapa
tahun Nabi Muhammad SAW berdakwah di mekkah ?
b)
Berapa
jumlah pengikut beliau di Mekkah ?
c) Tantangan dan halangan apa saja yang
dihadapi Rasulullah di Mekkah
4) Perwakilan peserta didik menuliskan rumusan
pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika membaca teks bahan renungan pada
buku siswa;
5) Guru memandu peserta didik menganalisis
pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran tentang sejarah Nabi
Muhammad saw periode Madinah;
6) Peserta didik merumuskan jawaban sementara
atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
|
|
Merencanakan
|
7) Guru dan peserta didik merencanakan
prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data dengan cara :
a) Mendiskusikan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data
dari berbagai sumber;
b) Mendiskusikan kronologi
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah
berdasarkan data dari berbagai sumber.
|
|
Mengumpulkan dan
menganalisis data
|
8) Peserta didik mengumpulkan informasi
berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah
yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9) Guru membimbing peserta didik untuk
menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10) Guru membimbing peserta didik untuk
melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang
ditetapkan dengan melakukan studi literasi.
|
|
Menarik
simpulan
|
11) Melakukan analisis sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke kota Madinah
12) Melakukan analisis kronologi peristiwa Nabi
Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur
13) Guru membimbing peserta didik untuk lebih banyak
mengumpulkan data mengenai sejarah dan strategi dakwah Nabi Muhammad saw;
14) Setiap kelompok mempresentasikan hasil
kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di dinding informasi kelas.
|
|
Aplikasi
dan Tindak lanjut
|
15) Guru dan peserta didik melakukan refleksi
terhadap sejarah dakwah Rasulullah saw di Kota Madina;
16) Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau
permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
|
c.
Kegiatan
Penutup
1) Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek;
2) siswa
dibawah
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran secara demokratis;
3) Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”;
4) Post Tes;
5) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya;
6) Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan ke dua
a.
Kegiatan Pendahuluan
1)
Peserta
didik dan guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin
oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta
didik memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan;
3)
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk;
4)
Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi interaktif
tentang kapan dan dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama bapak dan ibunya;
5)
Guru
meminta siswa mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti
pelajaran;
6)
Guru
memotivasi siswa belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak
penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok meneladani perjuangan Rasulullah
dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Gurumenegcek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan
siswa tentang peristiwa hijrah Rasulullah
saw;
8)
Guru
menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru
menyampaikan cakupan materi pembalajaran untuk pertemuan pertama tentang
sebab-sebab rasulullah hijrah dan berita gembira darin kota Yatsrib;
10) Guru menejlaskan aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan
pembelajaran berbasis proyek;
11) Guru meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian
yang akan digunakan oleh guru ( sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan Inti
|
Langkah -1
Penentuan
projek
|
1)
Siswa mencermati
tayangan gambar dan kisah teladan pada kolom renungan; .
2)
Siswa menanyakan
mengemukakan hasil pencermatan gambar dan video;
3)
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian proyek :
1.
Guru bersama dengan
peserta didik menentukan tema/topik projek, yaitu membuat cerita bergambar
atau ensiklopedi mini yang menyajikan strategi dakwah Rasulullah saw di
Madinah;
|
|
Langkah -2
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian projek
|
2.
Guru memfasilitasi
Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek
beserta pengelolaannya, misalnya dengan mengidentifikasi tokoh, peristiwa,
tempat, dan nilai sejarah dari dakwah periode Madinah;
|
Langkah -3
Penyusunan
jadwal pelaksanaan projek
|
3.
Guru memberikan
pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang
telah dirancangnya;
|
|
Langkah -4
Penyelesaian
projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
|
4. Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta
didik dalam melaksanakan rancangan
projek pembuatan cerita bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan
strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Madinah;
5. Guru
melakukan monitoring terhadap penyelesaian proyek yang telah dirancang;
|
|
Langkah -5
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
|
6. Peserta
didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil karyanya;
7. Peserta
didik mempublikasikan hasil karya berupa cerita bergambar atau ensiklopedi
mini strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Madinah;
|
|
Langkah -6
Evaluasi
proses dan hasil projek
|
8.
Guru dan peserta
didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas
dan hasil tugas projek.
|
c.
Penutup
1) Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek;
2) siswa
dibawah
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran secara demokratis;
3) Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”;
4) Post Tes;
5) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya;
6) Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilianan
a.
Penilian Sikap
spiritual
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Observasi
|
LembarObservasi/jurnal
|
Lamp. 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembarpenilaiandiri
|
Lamp. 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembarpenilaianantarteman
|
Lamp. 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
b.
Penilian Sikap sosial
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Observasi
|
LembarObservasi/
Jurnal
|
Lamp. 3
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembarpenilaiandiri
|
Lamp. 4
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembarpenilaianantarteman
|
Lamp. 5
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
c.
Penilian Pengetahuan
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lamp. 6
|
Saat dan
usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
|
1
|
Tertulis
|
Soal-soalesei
Soal-soal Pilihan ganda
|
Lamp. 7
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
d.
Penilaian Keterampilan
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Produk
|
Soalketerampilanproduk
|
Lamp.8
|
Saat
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi
siswa yang belum mencapai ketuntasan
belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a. Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum
mencapai ketuntasan.
b. Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum
mencapai ketuntasan.
c. Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai
ketuntasan.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.
Jakarta,
15 Maret 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
Al-Aston PABP/PAI
___________________________ _________________________
NIP. NIP.
A.
Penilaian
4.
Teknik Penilianan
e.
Penilian Sikap spiritual
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Observasi
|
LembarObservasi/jurnal
|
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembarpenilaiandiri
|
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembarpenilaianantarteman
|
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
f.
Penilian Sikap sosial
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Observasi
|
LembarObservasi/
Jurnal
|
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembarpenilaiandiri
|
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembarpenilaianantarteman
|
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
g.
Penilian Pengetahuan
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
|
Saat dan usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
|
1
|
Tertulis
|
Soal-soalesei
Soal-soal Pilihan
ganda
|
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment
of learning)
|
h.
Penilaian
Keterampilan
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Produk
|
Soalketerampilanproduk
|
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
5.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajardiberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
d. Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum
mencapai ketuntasan.
e. Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum
mencapai ketuntasan.
f. Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai
ketuntasan.
6.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.
Jakarta,
15 Maret 2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
Al-Aston PABP/PAI
___________________________ _________________________
NIP. NIP.
Lampiran 1
Format nalSikapSpiritual(KI-1)
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun
pelajaran :
|
No
|
Tanggal
|
Nama
Pesrta
didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format JurnalSikapSosial(KI-2)
NamaSekolah :
Kelas/Semester :
Tahunpelajaran :
|
No
|
Tanggal
|
Nama
Pesrta
didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LembarPenilaianDiriPesertadidik
Nama :…………………………….
Kelas :…………………………….
Smester :…………………………….
Petunjuk:Berilahtandacentang(√)pada kolom“Ya”atau“Tidak”sesuaidengankeadaan yangsebenarnya.
|
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan
dapat diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format
tabel di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai
kebutuhan.
TabelContoh Format
Penilaian
Antarteman
Nama teman
yang dinilai : ………………………..
Nama
penilai : …………………………
Kelas :
………………………..
Semester :
………………………
Petunjuk: Berilah
tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya
|
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan
dapat diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format
tabel di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan
sesuai kebutuhan.
Format Penilaian Antarteman
Nama teman
yang dinilai : ………………………..
Nama
penilai : …………………………
Kelas :
………………………..
Semester :
………………………
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya
|
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan
dapat diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format
tabel di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan
sesuai kebutuhan.
FormatPenilaian Antarteman
dengan Skala Likert
Nama teman
yang dinilai : …………………………………
Nama
penilai :…………………………………
Kelas : …………………………………
Semester : …………………………………
Petunjuk:Berilahtandacentang(√)padakolom yangsesuai
dengankeadaankalian
yangsebenarnya.
|
No
|
Pernyataan
|
Skala
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. SangatSetuju
(SS) 3.Kurangsetuju(KS)
2. Setuju (S) 4.Tidaksetuju
(TS)
Tabel: ContohKisi-kisi Tes Tertulis
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
|
|
|
Menjelaskan pengertian hijrah Rasulullah ke
Madinah
|
Esai
|
|
|
Menjelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah
|
|
|
||
|
Menyebutkan
3 program pokok yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah
|
|
|
||
|
Menyebutkan isi pokok piagam madinah
|
|
|
||
|
Menyebutkan
berita gembira dari kota Yatsrib
|
|
|
||
|
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw
|
|
|
||
|
Menjelaskan pengertian hijrah Rasulullah ke
Madinah
|
|
|
||
|
|
|
Dst
|
|
|
Pertanyaan Esay
1. Jelaskan pengertian hijrah Rasulullah ke
Madinah!
2. Jelaskan sebab-sebab Rasulullah Hijrah ke
Madinah!
3. Sebutkan 3 program pokok yang dilakukan
Rasulullah ketika di madinah!
4. Sebutkan isi pokok piagam madinah!
5.
Sebutkan berita
gembira dari kota Yatsrib!
6. Sebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw!
Tabel: ContohPedoman Peskoran Soal uraian
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|
1
|
a.
|
|
|
b.
|
|
|
|
c.
|
|
|
|
d.
|
|
|
|
e.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
a.
|
|
|
b.
|
|
|
|
c.
|
|
|
|
d.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
…………………………………………………………………………………………
|
|
|
SkorMaksimum
|
|
|
|
4
|
dst…
|
|
|
|
|
Contoh
kisi-kisi penilaian Produk
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun pelajaran :
MataPelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
|
|
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan
strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.
|
Dakwah Nabi
Di Makkah
|
·
PenyajianAlurPeristiwa
·
Kelangkapan
data danInformasi
·
KerapihandanKeindahanProduk
|
Produk Time
Line
|
FORMAT LAPORAN PEMBUATAN PRODUK
THEMA:
PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW. PERIODE MADINAH
Nama Kelompok :
Anggota :
Kelas :
Nama Produk :
|
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Jenis Produk
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahapan Proses Pembuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
a. PersiapanAlatdanBahan
|
|
|
|
|
|
|
|
b. TeknikPengolahan
|
|
|
|
|
|
|
|
c. KerjasamaKelompok
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
a. BentukPenayangan
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Inovasi
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
||||
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
gambar "rumus Petunjuk Penskoran" pecah alias tidak bisa dilihat
BalasHapus