Contoh RPP PAI SMP model discovery

(RPP)

        
        Sekolah                                  :  SMP NEGERI 35 Makassar
Mata Pelajaran                    :  PAI DAN BUDI PEKERTI
Kelas/Semester                  :  VII/Satu
Materi Pokok                       :  Asmaul Husna
Alokasi Waktu                     :  2 x Pertemuan (6 JP)


A.  Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.Meyakini bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat
1.3.1   Mematuhi perintah Allah sebagai  bentuk kesadaran dari pemhaman asmaul husna
1.3.2   Memliki sikap hati-hati sebagai cerminan dari keyakinan bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat
2.3.Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al-’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
2.3.1      Menyenangi perilaku percaya diri sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-Alim
2.3.2      Menyenangi perilaku tekun sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-sami’
2.3.3      Menyenangi perilaku kerja keras sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-bashir
2.3.4      Menyenangi perilaku teliti sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-Khabir
3.3   Memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.3.1    Menjelaskan pengertian asmaul Husna
3.3.2    Menyebutkan arti asmaul husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.3.3    Menjelaskan makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir berdasarkan dalil naqli
3.3.4    Menyimpulkan nilai keteladana dari asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
4.3.Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma’u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan al-Bashir
1.3.1      Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir  dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.2      Mengonstruksi contoh perilaku keteladanan Asmaul Husna dalam bentuk scenario bermain peran
1.3.3       Menampilkan pemeranan contoh perilaku ketaladanan Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

C.Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
3.3.1     Menjelaskan pengertian asmaul Husna dengan benar
3.3.2     Menyebutkan arti asmaul husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar
3.3.3     Menjelaskan makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir berdasarkan dalil naqli dengan benar.
3.3.4     Menyimpulkan nilai keteladana dari asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
4.3.1   Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir  dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.3.2   Mengonstruksi contoh perilaku keteladanan Asmaul Husna dalam bentuk scenario bermain peran dengan benar
4.3.3   Menampilkan pemeranan contoh perilaku ketaladanan Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar

D.  Materi Pembelajaran

1.    Materi pembelajaran reguler
a.    Pengertian Asmaul Husna
b.    Arti Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
c.    Makna Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
d.    Dalil naqli tentang Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
e.    Nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
f.     Contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

2.    Materi pembelajaran pengayaan
a.    Fungsi beriman kepada Allah
b.    Dalil naqli Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

3.    Materi pembelajaran remedial
a.    Menjelaskan makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir berdasarkan dalil naqli.
b.    Menyimpulkan nilai keteladana dari asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
c.    Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir  dalam kehidupan sehari-hari.

E. Metode Pembelajaran

1.            Pembelajaran dengan metode Inquiry/discovery Learning
2.            Maching Card
3.            Window Shopping
4.            Role Playing

F.  Media dan Bahan

1.    Media
a.    Power point tentang Asmaul Husna
b.    Audio Visual Asmaul Husna
c.    Kartu Asmaul Husna, arti dan maknanya
2.    Bahan
a.    Kertas plano
b.    Pos It
c.    Spidol

G.  Sumber Belajar

1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Peserta didik) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 1 - 23).
2.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 8 – 24).
3.  Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.    Pertemuan Pertama: 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)    Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)    Guru memulai pembelajaran dengan pembiasaan membaca asmaul husna;
4)    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi asmaul husna;
5)    Peserta didik menuliskan beberapa hal yang telah atau ingin diketahui terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
6)    Guru menyampaikan kompetensi dasar terkait dengan materi asmaul husna;
7)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan teknik penilaian yang akan digunakan;
8)    Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b.    Kegiatan Inti
(Format ini tidak baku, format ini digunakan hanya untuk memudahkan melihat syntax dari model pembelajaran yang digunakan ketika pelatihan. Dalam penyusunan RPP sebagai dokumen Kurikulum di sekolah dapat dibuat langsung tanpa mencantumkan syntax-nya)
Merumuskan pertanyaan
1)    Peserta didik membaca teks renungan pada buku siswa;
2)    Peserta didik menuliskan hal-hal yang ingin diketahui setelah membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
3)    Peserta didik merumuskan permasalahan-permasalahan, misalnya :
a)    Apa yang dimaksud dengan asmaul husna?
b)    Mengapa harus membiasakan berdoa dengan membaca asmaul husna?
c)    Babagimana cara memahami makna asmaul husna?
d)    Bagaimana agar permohonan (doa) dikabulkan oleh Allah Swt.
4)    Perwakilan peserta didik menuliskan rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
5)    Guru memandu peserta didik menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran;
6)    Peserta didik merumuskan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
Merencanakan
7)    Guru dan peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data dengan cara :
a)    Membaca bahan ajar pada buku siswa dan sumber lain yang relevan;
b)    Menggali informasi melalui pencocokan kartu (maching card) antara asmaul husna dengan arti dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Mengumpulkan dan menganalisis data
8)    Peserta didik mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9)    Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10) Guru membimbing peserta didik untuk melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan mengamati contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari.
Menarik simpulan
11) Dari informasi yang diperoleh dan dibuktikan kebenarannya dengan mengamati contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik merumuskan kesimpulan sebagai jawaban atas permasahan yang telah dirumuskan;
12) Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di dinding informasi kelas;
13) Setiap kelompok saling mengunjungi hasil kerja kelompok  dan memberi tanggapan dengan model  window shoping.
Aplikasi dan Tindak lanjut
14) Guru dan peserta didik melakukan reflective thinking untuk meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai keteladanan yang terdapat pada materi asmaul husna, sehingga peserta didik dapat menerapkan hasil pembelajarannya dalam kehidupan sehari-hari;
15) Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.

C. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)      Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang Asmaul Husna;
2)      Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan nilai-nilai keteladanan dari asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari;
3)      Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
5)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
6)      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

2.    Pertemuan Kedua : 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)      Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)      Guru memulai pembelajaran dengan pembiasaan membaca asmaul husna;
4)      Guru memberikan motivasi dan meminta peserta didik untuk menuliskan hal-hal yang telah dan ingin diketahui lebih lanjut terkait dengan  materi pembelajaran asmaul husna;
5)      Guru menyampaikan kompetensi dasar terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
6)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dihgunakan sesuai dengan karakteristik bahan ajar asmaul husna;
7)      Guru mengondisikan peserta didik menjadi beberapa kelompok;
8)      Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b. Kegiatan Inti (60 menit)

1)      Peserta didik dalam kelompok masing-masing mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmau Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari;
2)      Peserta didik mengonstruksi contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan pada Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam bentuk scenario bermain peran;
3)      Setiap kelompok berlatih memerankan scenario yang telah dibuat;
4)      Setiap kelompok menampilkan pemeranan scenario di depan kelas secar bergilir dan kelompok lain memperhatikan dan menanggapi.

c.    Kegiatan Penutup (12 menit)

1)      Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang contoh keteladanan yang terdapat pada Asmaul Husna;
2)      Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan nilai-nilai keteladanan dari asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari;
3)      Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
5)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
6)      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

I.    Penilaian

1.      Teknik penilaian
a.    Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.    Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
Lihat Lampiran ...

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

d.    Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Proyek
Tugas membuat sosiodrama
Lihat Lampiran ...
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)


2.    Pembelajaran Remedial
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
a.    belajar kelompok
b.    pemanfaatan tutor sebaya

3.    Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain menulis dalil naqli tentang asmaul Husna dan menelaah hikmah beriman kepada allah.


                                                                                                        Jakarta, 14 Maret 2017
        Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
        Kepala Sekolah                                                                   PAI dan Budi Pekerti





        ……………………………..                                                  ………………………..
        NIP.                                                                                        NIP.




Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

Petunjuk:
a.  Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.
b.  Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku peserta didik yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.   Berikut format jurnal sikap.

No.
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Observasi
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.






Indikator yang diamati:
1.3.1 Mematuhi perintah Allah sebagai  bentuk kesadaran dari pemhaman asmaul husna
1.3.2 Memliki sikap hati-hati sebagai cerminan dari keyakinan bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.




Lampiran 2: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a.    Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.
b.    Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku peserta didik yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.    Berikut format jurnal sikap.

No.
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.





            Indikator penilaian sikap sosial
2.3.1   Menyenangi perilaku percaya diri sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-Alim
2.3.2   Menyenangi perilaku tekun sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-sami’
2.3.3   Menyenangi perilaku kerja keras sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-bashir
2.3.4   Menyenangi perilaku teliti sebagai implementasi dari makana Asmaul Husna al-Khabir


Lampiran 3: Soal-soal tes lisan

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

No.
Daftar Pertanyaan
Ket.
  1.  
Jelaskan pengertian Asmaul Husna!

  1.  
Sebutkan arti Asmaul Husna al’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir !

  1.  
Jelaskan makna Asmaul Husna  al-’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir berdasarkan dalil naqli !

  1.  
Apa nilai keteladanan yang terdapat pada asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir ?


Kunci Jawaban:
No.
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Soal No. 1
Asmaul Husna : Nama-nama Allah yang baik 
2
2.
Soal No. 2
  1. al-’Alim     = Maha Mengetahui
  2. al- Khabir  = Maha Waspada
  3. as-Sami’,  = Maha Mendengar
  4. al-Bashir   =  Maha Melihat
4
3.
Soal No. 3
  1. al-’Alim      = Pengetahuan Allah meliputi hal-hal yang dhohir dan bathin, besar dan kecil serta tidak terbatas
  2. al- Khabir  = Allah Maha teliti terhadap segala perbuatan makhluk-Nya
  3. as-Sami’,  = Allah Maha Mendengar segal ucapan manusia baik zahar maupun sir
  4. al-Bashir  =  Allah Maha Melihat terhadap segala amal perbuatan manusia
8
4.
Soal No. 4
  1. al-’Alim       = Percaya diri
  2. al- Khabir   = Teliti dan hati-hati
  3. as-Sami’,   = Tekun
  4. al-Bashir    =  Kerja keras
6


Jumlah skor
20







Lampiran 4: Instrumen Penilaian keterampilan Projek

Mata Pelajaran                     : PAIBP
Materi                                     : Asmaul Husna
Kelas                                      : VII
Hari/Tanggal                         : ..................
Nama Kelompok                  : ..................
Anggota Kelompok              : ..................
Lama Pengerjaan Proyek : 2 x pertemuan

NO
ASPEK
BOBOT
SKOR
1.
PERENCANAAN
a. Keseuaian tema proyek
b. Persiapan
20%

2.
PELAKSANAAN
a.  Penyusunan rancanagan skenario
b.  Pemilihan property sesui tema
c.  Proses penyelesaian proyek
d.  Produk yang dihasilkan
40%

3.
LAPORAN PROYEK
a.  Kesesuaian penampilan  dengan skenario
b.  Kelengkapan properti
c.  Pesan moral yang ditampilkan
40%


TOTAL SKOR
100%


Rubrik penskoran
Skor 1 : sangat kurang
Skor 2 : kurang
Skor 3 : cukup
Skor 4 : baik
Skor 5 : sangat baik



Lampiran 5 : Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

Sekolah                                 : SMP ………………….
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                    : VII/Satu
Materi Remedial                   :  1. Makna Asmaul Husna
 2. Nilai keteladana dari asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
Waktu Pemb. Remedial      :
Waktu Ulangan Remedial  :
Ketuntasan Belajar              :
No.
Nama Peserta didik
Nilai UH
KD yang Tidak Tuntas
Bentuk Pembelajaran Remedial
Nilai Hasil Remedial
Ket.
1






2
dst.












Lampiran 6: Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

Sekolah                                 : SMP
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                    : IX/Satu
Materi Pengayaan               : 1. Dalil Naqli tentang asmaul Husna
                                                2. Hikmah beriman Kepadda Allah                                     
Waktu Pengayaan               :
Waktu Ulangan                    :
Ketuntasan Belajar              :

No.
Nama Peserta didik
Nilai UH.
Bentuk Pengayaan
Nilai Tes Pengayaan
1


1.    Menulis dalil naqli tentang Asmaul Husna
2.    Menelah hikmah beriman kepada Allah

2
dst.








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MODUL AJAR PAI SMP KELAS VII SEKOLAH PENGGERAK

Contoh RPP Problem Based Learning PAI SMP Kelas VII